Friday 11 November 2016

Lembah Seribu Bunga, Ikon Baru Wisata Tanah Karo

Taman seribu bunga di Kabupaten Karo.
Taman seribu bunga di Kabupaten Karo.

SUMATERA UTARA, Pemda Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kepincut dengan keberhasilan festival wisata Danau Toba 2016. Oleh karena itu kini Kabupaten Karo mengandalkan sebuah objek wisata unik yang kiranya hanya ada satu di tanah air. Yaitu sebuah lembah yang ditanami seribu bunga dengan warna dominan merah jambu.
Lembah seribu bunga berwarna pink itu berada di Desa Barusjahe yang menjadi ibu kota dari Kecamatan Barusjahe di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.
Taman seribu bunga ini ditata dengan dipangkas membentuk rupa yang rapi dan elok. Inilah yang menjadi salah satu destinasi wisata yang paling diburu wisatawan untuk berfoto-ria. Selain itu di Kecamatan Barusjahe juga masih berdiri kokoh rumah-rumah adat suku Batak kuno yang tiap rumahnya terdiri dari delapan hingga 12 kamar tidur.


Barusjahe kini bersolek dengan pemandangan eksotik dan unik untuk mendatangkan devisa dari sektor pariwisata, dengan membuat agenda even wisata setiap bulannya hingga tahun 2017 sebagai rangkaian even menuju puncak acara ”Visit Barusjahe 2017” yang digelar pada pekan ke-3 di Bulan Mei 2017 dengan gelaran wisata beragam tema.
Luas wilayah Kecamatan Barusjahe yang melingkupi 138.04 Km, dihuni 17.777 jiwa dengan kepadatan penduduk 139 jiwa/Km – sebagaimana data BPS tahun 2005 – membuat kecamatan ini tidak ramai penduduk, namun warganya terpacu berkreativitas membuat apa saja yang bisa menjadi objek wisata. Dari hasil bertani yang merupakan pekerjaan utama warga menghasilkan kebun jeruk yang dijual ke seluruh Sumatera Utara hingga ke kota besar lain seperti Jakarta dan Bandung. Jelas ini meningkatkan taraf hidup masyarakatnya.
Lantaran taraf hidup masyarakatnya sudah mencukupi, maka warga pun berkreasi dalam beragam seni. Salah satunya Okkie Barus Jambur Lige, seorang pelukis asal Desa Barusjahe yang menjajakan karya lukisnya dalam pameran menyambut “Visit Barusjahe 2017” di galerinya.
Pameran lukisan merupakan salah satu saja dari pameran seni budaya Barusjahe di mana juga ada pameran seni ukiran, tari dan miniatur rumah adat Batak.
Alam Desa Barusjahe yang permai juga menyediakan arena rafting buat wisatawan. Dan yang kini paling menjadi sorotan, setalah di-posting di sosial media adalah Lembah Seribu Bunga.
Dikatakan Roy Fachraby Ginting, SH, M.Kn, Sekretaris Jenderal Majelis Permu-syawaratan Rakyat Karo, mencanangkan program Visit Barusjahe 2017 yang digagas putra daerah setempat untuk memperkenalkan Desa dan Kecamatan Barusjahe Tanah Karo de¬ngan ikon wisata budaya, seni tari dan wisata alam serta pa¬hatan dan lukisan, yang selama ini potensinya terpendam. Dan baru sekarang digarap dengan baik.

0 comments:

Post a Comment